.




DBD

Sabtu, 28 Februari 2009

Hai semua sobat Magz-O…

Pada kesempatan kali ini Magz-O mau kasih tahu gimana bahayanya demam berdarah Lhoooo!!! Jadi kalian harus simak baik-baik…

Demam Berdarah atau DBD , penyakit ini so pasti udah tidak asing lagi di telinga kawan-kawan. Pasalnya penyakit yang setiap tahunnya pada musim hujan ini, selalu saja mendatangkan korban jiwa.Tidak sedikit lhooo, orang-orang yang di sekitar kita menjadi korban. Buktinya ney, di Mojoagung saja hasil survey Tim Jurnalis Magz-O Di Puskesmas Mojoagung setidaknya ada 78 pasien positif terjangkit DBD. Kawan-kawan mau tahu ney gimana bahayanya DBD, gini ya… Penyakit demam berdarah atau DBD ini disebabkan oleh virus Dengue yang merupakan virus RNA dan dapat mengaglutinasi (menggumpalkan) sel darah merah. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus (sebagai vektornya). Dan hingga saat ini penyakit demam berdarah masih sulit disembuhkan. Maka dari itu kawan-kawan harus menjaga kesehatan, Magz-O kan tidak mau kalau kalian kenapa-napa.

Tapi kalian jangan khawatir ya soalnya DBD atau nama lainnya Dengue Haemorrhagic Fever/ DHF ini, dapat dicegah seperti dengan cara:

  1. Membuang sampah pada tempatnya

  2. Mengubur barang bekas yang tidak bisa terurai tanah

  3. Menutup tempat penampungan air

  4. Menaburkan bubuk Obate pada bak mandi

Tidak hanya cukup begitu saja, apabila ada anggota keluarga atau kawan kalian yang sakit segeralah bawa ke dokter. Apalagi kalau badannya demam disertai bintik-bintik merah. Bisa bahaya tuh…!!!. Kalian tidak usah takut sama penyakit DBD, lagi pula ini hanya penyakit musiman kok. Tapi kalian juga tidak boleh menganggapnya enteng. Jadi kalian harus jaga kesehatan baik-baik ya… Kan musim hujan masih akan jalan… He he he

Tips Sehat!

Pada edisi kali ini Magz-O mau kasih tips buat kalian untuk mencegah penyakit mata. Gini-ni:

  1. Minum atau makan bahan makanan dan minuman yang mengandung vitamin A secara teratur.

  2. Jangan lupa saling menggosok-gosokkan kedua telapak tangan sampai agak panas, kemuadian taruh di mata kalian selama 1 menit.


0 komentar:

Quam un skeptic

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Samged familie

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Faucibus tincidunt

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.