.




Global Warming

Sabtu, 30 Mei 2009

Semua orang pasti pada ngeluh sama cuaca yang akhir-akhir ini nggak menentu banget. Sebentar hujan sebentar panas.... nah, asal tau aja semua itu akibat dari pemanasan global yang sekarang lagi ngelanda bumi kita yang udah renta ini. Kalau nggak segera di tindak lanjuti, dampaknya bisa lebih parah dari itu...contoh yang paling tidak dinginkan adalah kehancuran bumi kita. Salah satu faktor terjadinya global warming adalah efek rumah kaca. Banyak orang yang salah paham tentang pengertian rumah kaca. sebenarnya rumah kaca adalah sinar matahari berupa inframerah yang dipantulkan ke bumi dan diserap oleh gas atmosfer. Gas tersebut antara lain, Metana, senyawa nitrogen, senyawa nitrogen, senyawa sulfur, ozon, CFC, dan terutama karbondioksida. Nah gas-gas inilah yang disebut rumah kaca (GREEN HOUSE EFFECT). Sedangkan pemanasan bumi karena efek rumah kaca disebut Pemanasan Global (GLOBAL WARMING). Gas rumah kaca ini pada dasarnya sangat bermanfaat buat kita, karena menyebabkan suhu menjadi hangat sesuai dengan kebuthan makhluk hidup. Tapi, sekarang semakin banyaknya gas rumah kaca yang dilepas ke atmosfer karena aktivitas manusia, mengakibatkan semakin cepatnya kenaikan suhu bumi dan berdampak pada kehidupan di bumi.

Sekarang apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita??? Nah, hal simpel yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut.

õ Perbanyak menanam pohon

õ kurangi pemakaian kendaraan motor, alangkah lebih baik jika perjalanannya jauh menggunakan kereta api atau angkutan umum lainya. Apalagi kalo deket, mending naek sepeda atau jalan kaki. Kan bisa sekaligus olah raga.

õ Jangan membudidayakan memakai palstik, usahakan memakai plastic yang ramah lingkungan,

õ Buat kalian yang sok jago dengan merokok segala, mendingan kalian berhenti. Pasalnya selain merugikan kesehatan ini juga penyumbang karbondioksida terbesar selain polusi kendaraan.

õ Kurangi konsumsi daging. kok bisa?? Asal kalian tau aja, ternyata orang yang makan daging akan mengeluarkan karbondioksida lebih banyak daripada yang tidak makan daging. Hasil penelitian membuktikan bahwa mengurangi konsumsi daging bisa membantu 50% lebih besar dalam mencegah global warming dari pada mengurangi polusi kendaraan.wah, kayaknya kita mesti jadi vegetarian nech....

õ Gunakan kertas yang daur ulang/berbahan ampas tebu. Dengan begitu kita membantu mengurangi penebangan hutan yang digunakan buat bahan baku kertas.

õ Gunakan lampu yang hemat energi. Kalian tau lampu neon??? Lampu seperti itulah yang tidak hemat energi.

õ kalo bisa, gunakan produk dalam negeri agar polusi yang ditimbulkan oleh pesawat tidak akan terlalu berlebihan.

Nah, mungkin contoh di atas bisa sedikit membantu kita buat menyelamatkan bumi kita dari ambang kehancuran. Yang penting kita sadar bahwa kalo nggak sekarang, mau kapan lagi????

LET’S WE SAVE OUR EARTH

0 komentar:

Quam un skeptic

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Samged familie

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Faucibus tincidunt

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.