.




Sumpit a.k.a Hashi

Jumat, 29 Mei 2009



Sumpit adalah alat makan yang berasal dari Asia Timur dan diciptakan oleh bangsa Tiongkok sejak 3000 sampai 5000 tahun yang lalu. Berbentuk dua batang kayu sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit, memindahkan, atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Sumpit biasanya terbuat dari bambu, kayu, logam, gading dan plastik yang permukaannya sudah dihaluskan. Dilapisi dengan pernis atau cat supaya tidak melukai mulut dan terlihat menarik. Tapi kini sumpit dari kayu dianggap tidak ramah lingkungan karena bisa menghabiskan persediaan kayu.

Sumpit digunakan di seluruh dunia untuk menikmati makanan khas Asia. Di berbagai negara Asia, sumpit memiliki beragam jenis, ukuran, fungsi, motif dan etika tersendiri dalam penggunaannya.
CARA MEMEGANG SUMPIT

Berikut ini adalah tata cara memegang sumpit secara umum yang bisa Magz-O berikan. Ya siapa tau kan suatu hari nanti Magz-OnER harus makan di restoran Jepang, China, Korea, Vietnam atau Thailand. Harus pergi ke negara-negara tersebut atau lagi nggak mood pake sendok lan garbu. Intinya sih biar nggak malu-maluin. He he he….

1. Sumpit bisa dipegang dengan tangan kiri atau tangan kanan tergantung pada kebiasaan Magz-OvER.
1. Batang sumpit pertama dipegang seperti memegang pensil yang dijepit di antara ibu jari, telunjuk, dan jari tengah.
2. Batang sumpit kedua diletakkan di antara jari tengah dan jari manis.
3. Pastikan kedua batang sumpit dalam keadaan sejajar.
4. Posisi kedua batang sumpit bisa dianggap benar jika batang sumpit pertama bisa melakukan gerakan ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang, sementara batang sumpit kedua dalam keadaan diam.

Let’s try and Good Luck!


Written by Zu@_R1
Source : wikipedia

0 komentar:

Quam un skeptic

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Samged familie

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Faucibus tincidunt

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.