.




Korban Gempa Chili Dibantu Google

Senin, 15 Maret 2010


      Magz-oner gempa di chili bulan lalu membuat hati  semua orang didunia terketuk hatinya untuk membantu begitu juga Google. Gempa 8,8 skala Richter yang mengguncang Chili adalah gempa terbesar di negara itu dalam 50 tahun. Presiden Chili Sebastian Pinera mengatakan. Gempa pada Sabtu (27/02/2010) telah merenggut sedikitnya 122 orang tewas dan gempa itu telah melumpuhkan infrastruktur di negara tersebut.

     Gempa bahkan dirasakan di Buenos Aires, ibu kota Argentina. Padahal kota itu berjarak 2.900 kilometer jauhnya dari pusat gempa.Di Talca, 105 kilometer dari pusat gempa, suasana seperti kota hantu. Bangunan terbelah di mana-mana. Jalanan runtuh. Aliran listrik dan telepon terputus untuk beberapa wilayah. Sejauh ini belum diketahui jumlah korban di kota tersebut.

     Sebagai wujud simpati, Google segera mengaktifkan tool "person finder" untuk membantu para korban gempa menemukan teman atau pun keluarga mereka yang hilang. Tool yang dapat diakses di
chilepersonfinder.appspot.com  ini tersedia dalam dua pilihan bahasa yakni Inggris dan Spanyol, dengan Tool ini diharapkan banyak orang yang dapat ditemukan.User yang menggunakan tool ini akan disodori pertanyaan "What is your situation?" (seperti apa situasi Anda?) dan ada dua pilihan situasi, yakni "I'm looking for someone" (saya mencari seseorang) dan "I have information about someone" (saya memiliki info tentang seseorang).


     Kemudian user dapat mencari data seseorang dengan mengetikkan namanya. Tool ini juga pernah disediakan Google untuk membantu mencari para korban gempa di Haiti beberapa waktu lalu.


0 komentar:

Quam un skeptic

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Samged familie

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Faucibus tincidunt

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.