.




Hujan Meteor Mei 2010 Eta Aquarids

Kamis, 13 Mei 2010


Hujan Meteor Mei 2010 Eta Aquarids. Jakarta dan wilayah lain RI berpeluang bisa menyaksikan hujan meteor . Peneliti LAPAN mengatakan hujan meteor itu akan menjadi yang terbesar.

Peneliti Riset Astronomi Astrofisika LAPAN Prof Thomas Djamaluddin mengatakan hujan meteor Eta Aquarids puncaknya memang hanya sekitar 2-3 hari, yakni tanggal 5 hingga 7 Mei 2010.
“Kemungkinan pagi tanggal 7 Mei 2010 adalah puncak terbesarnya terjadi,” ujarnya saat dihubungi dari Jakarta Kamis (6/5) sore.
Menurut Thomas tiap jam kemungkinan akan ada beberapa belas meteor yang melintas, ketika orbit bumi berpapasan dengan orbit komet Halley.
Hujan meteor bisa dilihat di rasi Aquarius arah timur laut menjelang subuh hingga menjelang matahari terbit,
“Proses terjadinya hujan meteor Eta Aquarids akibat debu komet Halley sama juga dengan di bulan Oktober saat hujan meteor Eta Orionids juga disebabkan oleh komet Halley,” ujar Thomas.
Halley memiliki periode 76 tahun sekali, di mana tahun 1910 dan 1986 pernah terjadi puncak lintasan komet Halley yang debunya masih terus tersisa hingga saat ini.
Setiap tahun saat orbit bumi berpapasan dengan orbit lintasan komet Halley akan terus terjadi hujan meteor Eta Aquarids pada bulan Mei dan Eta Orionids pada bulan Oktober, ujar Thomas.Inilah.com
Jika saat ini juga Anda melihat “Hujan Meteor Mei 2010 Eta Aquarids” sepertinya bagus untuk didokumentasikan lewat video ataupun foto karena di wilayah saya saat ini masih mendung, jadi nggak bisa melihat secara jelas.

0 komentar:

Quam un skeptic

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Samged familie

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Faucibus tincidunt

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.