.




ROKOK DENGAN GIGI

Jumat, 07 Mei 2010

Apa hubungan antara rokok dengan kesehatan gigi dan mulut??
Jelas secara gampang bisa dijawab, karena rokok dihisap melalui mulut. Secara gampang bisa kita lihat bibir seorang perokok memang terlihat lebih gelap dibandingkan dengan bibir seorang yang bukan perokok, mengapa?
Secara umum rokok yang ada di Indonesia ada 2 jenis, rokok dengan filter dan tanpa filter ( lebih dikenal dengan rokok kretek). Rokok tanpa filter cenderung lebih cepat merubah warna gigi dari pada rokok dengan filter.
Karena Rokokkenapabegitubanyak organ" tubuh yang dirugikan. Saatkitamenghisap rokok asap yang keluar darisebatang rokok menuju rongga mulut, beberapadetikasaprokokdenganjutaanzat" kimia berada dalam ronggamulut dan mempengaruhi jaringan dan organ yang ada dalam rongga mulut termasukgigi itu sendiri. Asap panas yang berhembus terus menerus kedalam rongga mulut merupakan rangsangan panas yang menyebabkan perubahan aliran darah dan mengurangi pengeluaran ludah. Akibatnya rongga mulut menjadi kering dan lebih an-aerob (suasanabebaszatasam) sehingga memberikan lingkungan yang sesuai untuk tumbuhnya bakteri an-aerob dalam plak.Dengan sendirinya perokok beresik olebih besar terinfeksi bakteri penyebab penyakit jaringan pendukung gigi dibandingkan mereka yang perokok.

Gusi seorang perokok juga cenderung mengalami penebalan lapisan tanduk.Daerah yang mengalami penebalan ini terlihat lebih kasar dibandingkan jaringan di sekitarnya dan berkurang kekenyalannya.Penyempitanpembuluhdarah yang disebabkannikotinmengakibatkanberkurangnyaalirandarah di gusisehinggameningkatkankecenderungantimbulnyapenyakitgusi.

Tar dalamasaprokokjugamemperbesarpeluangterjadinyaradanggusi, yaitupenyakitgusi yang paling seringterjadidisebabkanolehplakbakteridan factor lain yang dapatmenyebabkanbertumpuknyaplak di sekitargusi. Tar dapatdiendapkanpadapermukaangigidanakargigisehinggapermukaaninimenjadikasardanmempermudahperlekatanplak. Dari perbedaanpenelitian yang telahdilakukanplakdankaranggigilebihbanyakterbentukpadaronggamulutperokokdibandingkanbukanperokok.Penyakitjaringanpendukunggigi yang parah, kerusakantulangpenyokonggigidantanggalnyagigilebihbanyakterjadipadaperokokdaripadabukanperokok.Padaperawatanpenyakitjaringanpendukundgigipasienperokokmemerlukanperawatan yang lebihluasdanlebihlanjut.Padahalpadapasienbukanperokokdanpadakeadaan yang samacukuphanyadilakukanperawatanstandarsepertipembersihanplakdankaranggigi.

Keparahanpenyakit yang timbuldaritingkatsedanghinggalanjutberhubunganlangsungdenganbanyaknyarokok yang diisapsetiaphariberapa lama atauberapatahunseseorangmenjadiperokokdan status merokokitusendiri, apakahmasihmerokokhinggasekarangatausudahberhenti.
Nikotinberperandalammemulaiterjadinyapenyakitjaringanpendukunggigikarenanikotindapatdiserapolehjaringanlunakronggamuluttermasukgusimelaluialirandarahdanperlekatangusipadapermukaangigidanakar.Nikotindapatditemukanpadapermukaanakargigidanhasilmetabolitnyayaknikontinindapatditemukanpadacairangusi.

Beberapaperawatanmemangsangatmenganjurkanpadapasienperokokuntukbenrhentimerokokuntuksementarawaktu, selamadalam proses perawatan. Sepertipasien yang dalammasapemsanganimplan.

Dapatdisimpulkankerugian yang timbulakibatkebiasaanmerokokpadakesehatangigidanmulut:

1. Perubahanwarnagigi, gusidanbibir.
2. Kariespadagigiakansemakincepatterbentuk.
3. Kemungkinankankerpadajaringanmulutsangatbesar.
4. Baunafasjelasberaromarokok.
5. Berubahnyajaringandalamronggamulut yang menyebabkanberbagaidampaknegatifterhadapkesehatanmulutitusendirisepertipemicuterbantuknyakaries.

Sekarang kita lebih tau jelas mengenai dampak rokok?
Masihkah kita mau merokok?
Semua memang tergantung pada individu masing-masing, tetapi sebagai umat kita wajib saling mengingatkan donk!
Sedikit namun bermanfaat, semuanya terserah pada kita, kita mampu menegendalikan diri terhadap hal-hal yang bermanfaat atau tidak.

0 komentar:

Quam un skeptic

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Samged familie

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Faucibus tincidunt

Nostrum and exerci
Delete this widget in your dashboard. This is just an example.